Browse By

Ahad Berbagi

Pagi, 13 Rabi’ul Awal 1436H / 4 Januari 2015

Hujan masih mengguyur Jakarta sejak semalam. Namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat para perserta Islamic Leadership Academy 2 dan panitia, yang tergabung dalam organisasi Young Islamic Leaders (YI-Lead), untuk melakukan satu kegiatan yang kami namai Ahad Berbagi. Agenda kegiatan kali ini adalah bersih-bersih mengumpulkan sampah yang ada di sekitar Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta. Dalam kegiatan ini, kami bekerja sama dengan salah satu komunitas di Jakarta yang selama ini cukup aktif dalam kegiatan Minggu Berbagi

Sebelum pukul 9, beberapa anggota YI-Lead sudah berkumpul di Masjid Al Bina GBK. Setelah hujan reda, kami berjalan menuju Pintu 1, sektor 2, VIP Barat  untuk melakukan briefing. Briefing pagi itu, tak lupa dimulai dengan doa, disampaikan oleh Mas Herly selaku Ketua Pelaksana Ahad Berbagi. Mungkin bagi sebagian orang, kegiatan ini terkesan sepele, hanya memunguti sampah di sekitar stadion. Namun bagi kami, tidak demikian. Ini bukan tentang seberapa banyak sampah yang berhasil kami kumpulkan, namun tentang semangat kepedulian yang ingin kami tularkan, semangat peduli kepada lingkungan sekitar, dimulai dengan membangun kebiasaan untuk senantiasa menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya.

Islam mengajarkan kita untuk menjaga kebersihan. Dalam salah satu hadist, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda bahwa “Kebersihan (suci) sebagian dari imam” (HR Muslim). Selain hadist tersebut, masih banyak ayat dan hadist yag menunjukkan bagaimana Islam sangat memperhatikan masalah kebersihan, karena hal tersebut merupakan salah satu ciri dan tanda keimanan seseorang. Beberapa diantaranya adalah QS Al-Baqarah ayat 125 tentang perintah Allah kepada Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail untuk membersihkan Masjidil Haram dan QS At-Taubah ayat 108 tentang penegasan bahwa Allah mencintai orang-orang yang bersih.

Selesai briefing dan berdoa bersama, bermodalkan kantong sampah dan pickstick, masing-masing dari kami berpencar untuk berburu sampah. Sekitar pukul 11 kami sudah berkumpul kembali di starting point bersama dengan belasan kantong sampah yang sudah terisi. Dalam posisi berdiri membentuk satu lingkaran, Mas Rahmat dari perwakilan komunitas menyampaikan ucapan terima kasih kepada YI-Lead atas kerjasamanya dalam kegiatan pagi ini. Beliau sampaikan bahwa ini bukan kali pertama komunitas yang digawanginya bekerja sama dengan YI-Lead. Beliau pun berharap kedepannya kerjasama tersebut akan tetap terjalin. Selanjutnya acara ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh Mas Herly. Dan tentu tak lupa kami juga berfoto bersama.

jogging

jogging_2

Ada banyak cara untuk berdakwah. Dan terkadang, satu aksi nyata adalah jauh lebih baik dari puluhan wacana. Maka sebagai generasi muda, kinilah saatnya kita mulai bersinergi dan bergerak, berdakwah dalam aksi nyata, menyampaikan pada dunia tentang kesempurnaan dan keindahan Islam J

@PemimpinQu (LL)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *