Browse By

AKP dan Harapan Baru Dunia Islam

Oleh : Agastya Harjunadhi (Sekjen YI-Lead)

Kabar yang menggembirakan dunia islam. Itulah kata yang tepat untuk diucapkan selain kata selamat, atas kemenangan AKP (Partai Keadilan dan Pembangunan) dalam pemilu di Turki akhir bulan Maret lalu. Dalam kemenangan yang ketigakalinya ini, banyak sekali harapan umat Islam akan peran penting Turki dalam perdamaian dunia. Perselisihan di antara bangsa arab, persoalan konflik di dunia Islam dan genosida di mana-mana adalah PR besar pemimpin-pemimpin Islam. Turki yang telah menjelma menjadi salah satu negara terkuat saat ini bisa memainkan peran persatuan itu.

Banyak pemimpin dunia yang menyampaikan ucapan selamat kepada perdana menteri Turki, Recep Tayyip Erdogan, atas kemenangannya. Kami dari Indonesia pun tak mampu lagi membendung kegembiraan ini. AKP menang telak dalam pemilu lokal yang berlangsung Ahad (30/3/2014) kemarin lusa.

hasil-pemilu-lokal-turki-2014-worldbulletin

Di antara pemimpin dunia yang turut serta memberikan ucapan selamat adalah Presiden Siprus Utara (Dervis Eroglu), Presiden Azerbaijan (Ilham Aliyev), dan Perdana Menteri Pakistan (Nawaz Syarif). Mereka mengucapkan selamat atas kemenangan partai Erdogan dalam pemilu lokal.

Para pemimpin dunia itu berharap Turki dapat terus melanjutkan kemajuan-kemajuan yang telah dicapainya. Mereka juga menyatakan terus mengikuti penghitungan suara tersebut, mengingat pemilu Turki memiliki posisi yang sangat penting bagi kawasan.

Selain mereka, presiden Rusia, Vladimir Putin, juga menelepon Erdogan untuk menyatakan selamat atas raihan AK-Parti. Hal yang sama dilakukan presiden Bosnia Herzegovina, Bakr Izetbegovik, bahkan beliau menyebutkan bahwa Bosnia ikut mengadakan pesta kemenangan tersebut sama dengan pesta yang saat ini berlangsung di kota-kota besar Turki.

Bagaimana dengan di Indonesia? meski secara resmi dari presiden kami belum terdengar menyampaikan, namun izinkan kami para pemudanya mendahuluinya.

Kepada PM Erdogan, sekaligus pemimpin salah satu negara berpenduduk muslim terbesar di dunia, Turki. Selamat atas kemenangan AKP. Umat Islam dunia bergembira. Umat Islam dunia tidak sabar lagi menunggu peran-peran besar selanjutnya dari kepemimpinanmu di era Mulkan Jabariyyan ini. Era di mana kedzaliman meluas, dipimpin oleh penguasa-penguasa yang memaksakan kehendaknya.

PM Erdogan, you are on the TOP, and we are on the way. šŸ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *