Browse By

Beriman Kepada Malaikat

Muwashofat Tarbiyah For Leaders (MTL) | Seri-05 |Beriman Kepada Malaikat

Seorang muslim beriman kpd para Malaikat Allah adalah meyakini bahwa mereka merupakan makhluk yang paling mulia dan dimuliakan Allah. Mereka diciptakan dari nur (cahaya), sedangkan manusia dari tanah kering spt tembikar, dan jin dari nyala api. Beriman bahwasanya Allah memberi malaikat tugas2, dan mereka pun melaksanakannya. Diantara malaikat ada yang bertugas menjaga manusia, mencatat amal perbuatan manusia, bertugas mengurus surga dan neraka, dan ada pula yang hanya memiliki tugas utk bertasbih, menyucikan, dan memuji Allah sepanjang siang dan malam. Seorang muslim berkeyakinan bahwa Allah telah melebihkan kepada sbagian malaikat, maka diantara mereka ada para malaikat muqarrabun (yang didekatkan kpdNya) seperti malaikat Jibril, Mika’il, dan Israfil, sedangkan yg lainnya berada pd deretan berikutnya.

Sebagaimana berdasarkan dalil naqli dan dalil ‘aqli, sebagai berikut:

Dalil-dalil Naqli
〰〰〰〰〰〰
1⃣Perintah Allah agar beriman kpd para malaikat dan informasi dariNya ttg mereka, spt tertera dlm firman Allah pd Al-Qur’an–> (QS. An-Nisa’: 136 & 172 ; QS. Al-Baqarah: 30 & 98; QS. Al-Haqqah: 17 ; QS. Ar-Ra’d: 23-24)
2⃣Berita dr Rasulullah SAW ttg mereka berdasarkan sabdanya: “Langit berbunyi (bagaikan bunyi unta yang menanggung beban berat), dan sangat layak baginya untuk berbunyi seperti itu. Tidaklah di dalamnya ada tempat seluas empat jari, melainkan pasti ada malaikat yang sedang sujud” (HR. Ahmad: 20539) “Sesungguhnya Baitul Ma’mur itu, setiap hari dimasukki oleh 70.000 malaikat, lalu mereka tidak kembali lagi” (HR. Bukhari: 3207, HR. Muslim: 164) “Apabila hari Jum’at tiba, maka pada setiap pintu masjid ada malaikat yg mencatat. Setiap orang yg masuk paling awal, lalu yg lebih awal (daripada yang setelahnya). lalu apabila imam telah duduk (di mimbar), maka mereka menutup lembaran-lembaran catatan itu, dan mereka turut datang utk mendengarkan nasihat (khutbah)” (HR. Malik) “Kadang-kadang malaikat Jibril itu tampak kepadaku (dalam bentuk manusia), lalu ia bicara padaku, dan akupun menyadari apa yang ia katakan” (HR. Bukhari: 2) “Para malaikat malam dan malaikat siang itu bergantian mengawasi kalian” (HR. Bukhari: 555) “Malaikat diciptakan dr nur (cahaya), jin diciptakan dr nyala api, dan Adam diciptakan dr apa yang telah dijelaskan kpd kalian” (HR. Muslim: 2996)
3⃣Penglihatan sejumlah para sahabat Nabi SAW kpd malaikat pada Perang Badar, juga penglihatan mereka secara kolektif kpd malaikat Jibril As, pembawa wahyu terpercaya, dimana kadang2 Jibril datang dalam rupa sahabat nabi, maka dari itu mereka menyaksikannya.
4⃣Berimannya milyaran manusia pengikut rasuk pada setiap zaman dan tempat kepada para malaikat. Mereka meyakini dan membenarkan apa yang diberitakan oleh para rasul ttg malaikat tanpa keraguan sedikitpun

Dalil-dalil ‘Aqli
〰〰〰〰〰〰
1⃣Sesungguhnya akal sehat tdk akan mengingkari wujud malaikat dan tdk akan menafikannya. sebab akal tdk akan mengingkari kecuali apabila ada dua hal yang saling bertentangan, spt ssuatu dikatakan ada…
[08:02, 2/19/2019] Satya Yilead: 📖 Muwashofat Tarbiyah For Leaders

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *