Browse By

Beriman kepada Rububiyah Allah terhadap segala sesuatu

Oleh: Tim Kaderisasi Yi-Lead

Muwashofat Tarbiyah For Leaders (MTL) | Seri-02 | Beriman kepada Rububiyah Allah terhadap segala sesuatu

 

Seorang muslim beriman dan meyakini rububiyah Allah Ta’ala atas segala sesuatu, tiada sekutu bagiNya di dalam rububiyahNya terhadap alam semesta. Yang demikian itu adalah berkat petunjuk Allah Ta’ala kepadanya, dan kemudian karena dalil² naqli dan ‘aqli berikut ini:

📖 Dalil Naqli
〰〰〰〰〰
1⃣Berita dari Allah Ta’ala sendiri tentang rububiyahNya. Dia telah berfirman tentang pujianNya terhadap diriNya, dalam Al-Qur’an sebagai berikut (Q.S Al-Fatihah:2 ; Q.S Ar-Ra’d:16 ; Q.S Ad-Dukhan:7-8)

2⃣Informasi dari para nabi dan rasul tentang rububiyah Allah Ta’ala, kesaksian mereka dan pengakuan mereka tentangnya. Sebagai contoh dalam Al-Qur’an sebagai berikut: (Q.S Al-A’raf:23 ; Q.S Nuh:21 ; Q.S Asy-Syu’ara:117-118 ; Q.S Ibrahim: 35 ; Q.S Yusuf:101 ; Q.S Thaha:25-29,90 ; Q.S Maryam:4 ; Q.S Al-Anbiya:89 ; Q.S Al-Maidah:72,117)

3⃣Keyakinan dan keimanan miliyaran ulama dan hukama (ahli hikmah) tentang rububiyah Allah Ta’ala terhadap mereka dan terhadap segala sesuatu, pengakuan mereka tentangnya dan i’tiqad mereka kepadanya yang merupakan i’tiqad yang pasti

4⃣Keyakinan dan keimanan miliyaran manusia dan jumlah yang tak terhitung dari para cerdik cendika, serta orang² shalih tentang rububiyah Allah Ta’ala atas segenap makhluk

📖 Dalil ‘Aqli
〰〰〰〰〰
1⃣Keesaan Allah di dalam menciptakan segala sesuatu. Merupakan hal yang sudah dimaklumi bersama oleh segenap umat manusia bahwa tidak ada yang mampu melakukan penciptaan itu dan tidak pernah diklaim oleh seorang pun selain Allah Ta’ala, sekalipun sesuatu yang diciptakan itu sangat kecil, seperti sehelai rambut di tubuh manusia atau hewan, atau bulu kecil pada sayap burung, atau selembar daun pada ranting yang sangat kecil, apalagi menciptakan suatu benda yang utuh atau hidup, atau planet yang besar ataupun kecil.
Allah Ta’ala pun telah menegaskan keesaanNya yang mutlak dalam penciptaan di dalam Al-Qur’an meliputi (Q.S Al-A’raf: 54 ; Q.S Ash-Shaffat:96 ; Q.S Al-An’am:1 ; Q.S Ar-Rum: 27)

2⃣Keesaan Allah di dalam memberi rizki. Tidak ada seekor hewan pun yang melata di permukaan bumi ini atah berenang di dalam air atau yang tersembunyi di semak² malainkan Allah-lah yang menciptakan rizkinya (makanannya) dan yang memberikan petunjuk untuk mengetahui bagaimana cara mendapatkan, memakan dan menggunakannya. Berikut ini beberapa ayat yang menegaskan kenyataan tersebut dan menetapkannya secara jelas: (Q.S Abasa:24-31 ; Q.S Thaha:53-54 ; Q.S Al-Hijr:22 ; Q.S Hud:6)

3⃣Kesaksian fitrah manusia yang bersih atas rububiyahNya dan pengakuannya yang sangat jelas akan hal itu. Sesungguhnya setiap manusia yang fitrahnya belum rusak akan merasakan di dalam lubuk hatinya bahwa dia adalah seorang yang sangat lemah dan hina dihadapan Tuhan Pemilik kekuasaan Yang Mahakaya lagi Mahaperkasa, dan merasakan bahwa dirinya tunduk kepada aturan dan kebijakanNya pada dirinya, dimana ia menyatakan tanpa keraguan sedikit pun bahwasanya Dia adalah Allah, Rabb-nya dan Rab segala sesuatu. Seperti dijelaskan dalam Al-Qur’an sebagai berikut: (Q.S Az-Zukhruf:9 ;Q.S Al-Mu’minun:86-87 ; Q.S Yunus:31-32)

📚Sumber Kitab:
Minhajul Muslim
Konsep hidup ideal dalam Islam
Karya : Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jaza’iri

About Us
Ig : @youngislamicleader
Tw : @PemimpinQu
Fb : Young Islamic Leaders
Website : www.youngislamicleaders.org
===============================
🎓 Young Islamic Leaders
Face of The Future Leaders

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *