Browse By

Leadership is an art

Kepemimpinan adalah sebuah seni, Seni untuk mempengaruhi orang lain agar memiliki visi yg sama untuk mencapai tujuan organisasi. Sedangkan menurut John C Maxwell Pemimpin adalah orang yang memiliki otoritas (formal dan informal) untuk mengajar dan memberikan penghargaan terhadap kinerja yang diinginkan. Maxwell dalam salah satu hukum kepemimpinannya juga mengatakan sebagai berikut : Kepemimpinan adalah pengaruh–Tidak Lebih, tidak kurang (The Law of Influence). “A leader is one who knows the way, goes the way, and shows the way” kata John C. Maxwell. Management is doing things right; leadership is doing the right things (Peter Drucker)

Apakah berbeda antara Manager dan Leader?

Diambil dari tulisan kakek Jamil di web beliau :
“Menurut John P. Kotter, dalam tulisannya yang berjudul “What Leaders Really Do” di Harvard Business Review pada Desember 2001, ada 3 hal yang mendasari perbedaan antara manajemen dan kepemimpinan. Manajemen terkait dengan perencanaan dan anggaran, sementara kepemimpinan terkait dengan memberikan arah. Manajemen terkait dengan pengorganisasian dan staffing, sedangkan kepemimpinan terkait dengan menselaraskan orang. Yang terakhir, manajemen menghadirkan kontrol dan pemecahan masalah, sementara kepemimpinan menghadirkan motivasi.”

Tugas utama pemimpin adalah memberi ARAH bukan memberi PERINTAH apalagi MARAH MARAH. Tugas pemimpin bukanlah menyenangkan semua orang tapi memberdayakan orang dengan cara yang menyenangkan (Jamil Azzaini)

Ada pemimpin yang dilahirkan dimana sejak lahir sudah dipastikan akan menjadi pemimpin. Biasanya terjadi di sistem kerajaan. Ada juga pemimpin yang dibentuk melalui sebuah sistem yang merupakan kombinasi antara bakat, skill, sistem pelatihan dan pendidikan serta restu Ilahi.
Alhasil, di awal awal teori kepemimpinan muncul pendapat bahwa pemimpin dilahirkan (leaders are born Not made) yang selanjutnya seiring perkembangan ilmu pengetahuan dibantah dg pendapat bahwa pemimpin bisa dibentuk ( leader are made ). Kita tidak akan membahas kedua pendapat tersebut karena sama2 benar. Yang pasti intinya baik melalui proses pembentukan atau sudah sejak lahir adalah keturunan raja setiap pemimpin pasti dilahirkan oleh ibunya…kecuali Nabi Adam.

Mengapa kita harus belajar dan memiliki LEADERSHIP skills?

1. Mengikuti hukum katup Kepemimpinan ala John Maxwell maka kepemimpinan dapat meningkatkan produktifitas. Everything rises and fall on leadership kata Om John. Masuk akal juga. Buktinya ada di sejarah peradaban dunia

2. Dalam dunia profesional kerja menjadi pemimpin struktural akan meningkatkan kompensasi dan benefit (gaji, bonus, reward) yang diterima. Sesuai juga dengan tanggung jawab yang diemban.

3. Dapat mempengaruhi dan mengajak orang melakukan perubahan ke arah kebaikan dan mencetak pemimpin pemimpin baru (leader create leader)

Tentu saja untuk mendapat benefit tersebut harus melalui proses yang tidak instant. Start nya harus dimulai dari kemampuan memimpin diri sendiri (Self Leadership). Baru kemudian meningkat memimpin orang lain (lead others) baik dalam lingkup keluarga, perusahaan, organisasi, masyarakat, agama dan negara.

Mari kita pelajari konsep kepemimpinan dari para pakar sebagai bekal untuk diri kita.

4 Peran Penting Pemimpin menurut Stephen Covey

a. PERINTIS (Pathfinding)

Pemimpin harus memiliki visi, misi dan nilai yang dianutnya sehingga tahu apa tujuan organisasi, kemana akan dibawa dan bagaimana caranya menuju kesana. Rasulullah SAW telah merintis jalan dakwah mengajak manusia ke jalan yang benar hingga membangun peradaban Islam

b. PENYELARAS (Alligning)

Bagaimana pemimpin menyelaraskan antar anggota dan divisi agar dapat bekerja sama dan saling sinergis serta kolaborasi untuk mencapai tujuan organisasi

c. PEMBERDAYAAN (Empowering)

Pemimpin berupaya memberdayakan setiap anggota team untuk memiliki ownership dan komitmen terhadap organisasi sehingga mampu melakukan yang terbaik. Mengenal potensi anggota, delegasi dengan prinsip right man in the right place, dukungan apa yang perlu diberikan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

d. PANUTAN (Modelling) : Bagaimana pemimpin menjadi panutan bagi anggotanya. Bagaimana dia bertanggung jawaab atas tutur kata, sikap, perilaku dan keputusan yang diambilnya. Sejauhmana dia melakukan apa yang dikatakan (integrity).

5 level kepemimpinan menurut John C Maxwell
a. POSITION
Kita menjadi pemimpin karena HAK (Right). Orang mengikuti kita karena tidak ada pilihan disebabkan kedudukan kita sebagai atasan.

b. PERMISSION
Orang-orang mengikuti kita karena mereka mau dan menikmati hubungan sebagai team. Ada RELATIONSHIP yang baik. Ada energi positif dan bahagia antara pemimpin dan yang dipimpin

c. PRODUCTION
Orang mengikuti kita karena apa yang sudah kita hasilkan untuk organisasi. Ada RESULT berupa prestasi kerja sehingga kita kompeten dan kredibel menjadi leader.

d. PEOPLE DEVELOPMENT
Orang mengikuti kita karena apa yang kita lakukan pada orang tersebut. Kita berhasil membuat orang tersebut berprestasi dan memiliki tujuan hidup sehingga siap menjadi pemimpin selanjutnya. Ada proses REPRODUCTION dimana leaders create leaders.

e. PINNACLE
Orang mengikuti sang pemimpin karena siapa dia dan reputasinya. Inspire Leader karena karakter, value dan filosofi hidupnya. Bahkan walau sudah meninggal value hidupnya tetap eksis dan menginspirasi generasi selanjutnya.

Kira-kira di level/tipe manakah kepemimpinan diri kita?

Mengenai kepemimpinan menurut Islam, akan kita bahas di tulisan berikutnya

Penulis: Ahmad Ronny A

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *