Browse By

PRESS RELEASE

Pernyataan Sikap YI-Lead terkait penyelenggaraan Konferensi Asia Afrika ke-60 di Bandung

 

IMG-20150423-WA0001

Young Islamic Leaders – Peringatan Konferensi Asia Afrika bukan sekadar seremonial saja, tetapi harus produktif menghasilkan sebuah keberpihakan yang jelas, sesuai azas lahirnya KAA 60 tahun lalu yakni melawan kolonialisme.

Seperti yang Kita ketahui bersama bahwa saat ini masih Ada Negara di kawasan Asia/Afrika yang masih mengalami penjajahan atau dapat dikatakan sebagai “Imperealisme modern”.

Misi Konferensi Asia Afrika 1955 harus diulang kembali dengan melahirkan negara Palestina, terbebas dari penjajahan. “Karena sangat ironis, setelah 60 tahun KAA dideklarasikan, Palestina belum merdeka, untuk itu kami mendesak kepada Indonesia, sebagai tuan rumah KAA untuk kembali mengingatkan salah satu goal penyelenggaraan KAA pertama kepada masyarakat dunia“.

Kekuatan yg sangat besar harus dibangun, Ada hampir 2/3 masyarakat dunia yg terdapat di kawasan Asia-Afrika, tentunya suara Asia-Afrika tidak dapat dipandang sebelah mata dan memiliki efek yang sangat signifikan terhadap dunia Internasional.

Kami mendesak agar :

1. Ajang Peringatan 60 Tahun Konferensi Asia Afrika (KAA) harus bisa mentukan siapa yang akan memimpin delegasi untuk melakukan negosiasi secara langsung dengan Israel dalam upaya memerdekakan Palestina.

2. Pesan yang sudah sangat spesifik, negara Asia Afrika harus mempunyai peran politik jelas, siapa melakukan apa, sehingga siapa yang akan memimpin diplomasi di level organisasi Internasional, seperti Dewan Keamanan PBB.

3. Harus ditentukan siapa yang memimpin mobilisasi dukungan politik kepada Liga Arab.

4. Untuk langkah yg lebih ekstrim, Negara-negara peserta Konferensi Asia Afrika (KAA) harus menghapuskan hubungan diplomasi dengan Israel.

Semua itu harus dilakukan oleh Indonesia, sebagai konsekuensi logis menjadikan UUD 1945 sebagai dasar Negara ( konstitusi tertinggi ), yang mana tujuan politik negara terkandung dalam pembukaan UUD 1945, yang berbunyi “Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, Maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan peri kemanusian dan peri keadilan”.

Pesan Bandung harus tersampaikan kepada masyarakat dunia. Seluruh negara yang hadir di Peringatan Konferensi Asia Afrika ( KAA ) harus memanfaatkan momentum tahun ini, melakukan langkah politik secara jelas di Dewan Keamanan PBB.

Persoalan Timur Tengah tidak akan pernah selesai, kalau masalah ini tidak diselesaikan, karena Palestina merupakan jantung berbagai agama dan peradaban dunia. Yang terpenting sudah bukan zamannya lagi, segala bentuk “Imperealisme Modern” dibiarkan hidup dan berkembang di dunia ini. (Young Islamic Leaders)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *