Browse By

Tanggapan Ketua Umum YI-Lead Terhadap Penjelasan Dubes Mesir di Masjid Agung Sunda Kelapa

Tanggapan Ketua Umum YI-Lead Terhadap Penjelasan Dubes Mesir di Masjid Agung Sunda Kelapa

 

Young Islamic Leader

Perihal : Tanggapan Penjelasan Dubes Mesir di Masjid Agung Sunda Kelapa Jakarta

Jakarta, 04 Juli 2015

Kepada Yang Terhormat :
Bapak Bahaa Dessouki
Duta Besar Mesir untuk Indonesia
Jl. Teuku Umar No 68
Menteng, Jakarta Pusat

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Salam dan sholawat senantiasa diberikan kepada baginda Nabi Muhammad SAW.

Sebelumnya kami ucapkan terima kasih atas kunjungan dan penjelasan yang Bapak Duta Besar sampaikan di Masjid Agung Sunda Kelapa pada tanggal 03 Juli 2015 lalu. Sebuah kesempatan langka dapat berdialog dan mendengarkan langsung mengenai kondisi Islam khususnya muslimin di negeri Nabi Musa as, Mesir. Namun karena waktu sangat singkat sehingga kami tidak mendapat kesempatan untuk bertanya maupun memberikan pendapat atas penjelasan yang Bapak Dubes sampaikan.

Di kesempatan ini kami ingin menyampaikan padangan atas penjelasan yang Bapak sampaikan dihadapan jamaah shalat Jumat perihal pertanyaan yang dilontarkan oleh salah satu jamaah mengenai pandangan Universitas Al Azhar terhadap vonis mati yang diberikan kepada presiden terpilih secara demokratis, DR Mohammad Morsi.

1.         Universitas Al Azhar sebagai simbol pendidikan Islam ternama di dunia seharusnya berperan penuh dalam menegakkan kebenaran (amal ma’ruf) bukan diam apalagi melakukan pembenaran atas kebathilan. Memang universitas bertanggung jawab dalam menyiapkan fondasi untuk peradaban ummat sebagaimana disampaikan oleh khotib namun melawan kedzoliman yang sedang berlangsung di Mesir juga merupakan tanggung jawab dalam menyelamatkan peradaban itu sendiri.

2.         Bapak Dubes menjelaskan bahwa di Mesir ada sekelompok orang yang mengatasnamakan agama untuk merebut kekuasaan, dan menurut anda bahwa DR Mohammad Morsi telah diberikan kesempatan setahun untuk memerintah tapi dianggap gagal oleh rakyat Mesir hingga pada akhirnya militer pimpinan al Sisi mengambil alih pemerintahan. Bahkan di bulan suci dan di dalam rumah Allah dengan bangga anda mengatakan bahwa kelompok yang sama tersebut sedang mempersenjatai diri untuk melakukan berbagai aktivitas terorisme di sekitar Sinai.

3.         Sejarah mencatat bahwa hubungan muslimin Indonesia dengan Ikhwanul Muslimin (IM) sangat erat bahkan sebelum Indonesia memperoleh kemerdekaannya. Sejak lahirnya gerakan IM sudah banyak fitnah, penangkapan dan pembunuhan terhadap anggota dan pimpinan IM yang dilakukan oleh musuh melalui tangan pemerintah Mesir yang berkuasa.

4.         Kudeta berdarah yang dilakukan oleh militer Mesir pimpinan al Sisi setahun setelah Presiden DR Mohammad Morsi terpilih secara demokratis pertama di Mesir merupakan tragedi kemanusiaan yang sangat menyedihkan. Dunia termasuk rakyat Indonesia sangat paham dan yakin bahwa siapa pelaku utama atas kudeta, pembunuhan dan pembantaian yang dilakukan terhadap orang-orang IM dan rakyat Mesir.

5.         Dan sangat naif jika anda mengutus seorang tokoh Universitas Al Azhar untuk mendakwahi muslim Indonesia mengenai larangan membunuh jiwa manusia dan mengajak perdamaian namun di depan halaman Universitas Al Azhar, rekan-rekan anda di militer melakukan pembantaian secara keji dan biadab terhadap saudara-saudara seiman termasuk wanita dan anak-anak demi memenuhi syahwat kekuasaan.

6.       Dunia informasi sudah sangat mudah di akses oleh siapa pun dan dimana pun. Sehingga usaha apa pun yang dilakukan oleh rezim militer untuk memanipulasi akan dan pasti gagal. Karena belum ada sejarahnya kekuatan yang dibangun di atas kebathilan dan kebohongan akan langgeng melainkan kalah dan dihinakan.

7.     Semoga di bulan mulia dan penuh kemenangan ini, Allah ar Rahman meninggikan derajat rakyat Mesir yang istiqomah menegakan kebenaran dan melawan kebathilan, dan Allah Al Aziz menghinakan orang-orang yang membuat kerusakan di muka bumi. Aamiin.

Demikian pandangan kami perihal issue yang anda kemukakan di Masjid Agung Sunda Kelapa beberapa hari yang lalu, semoga Allah SWT segera memberi pemimpin yang bertaqwa untuk rakyat Mesir. Terima kasih atas perhatiannya.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Ketua Umum Young Islamic Leaders

Islahuddin Idris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *